logo

Hari Kesaktian Pancasila

Mempererat persatuan dan kesatuan untuk mesujudkan Indonesia Maju
Hari Kesaktian Pancasila

SELAMAT DATANG

Assalamu'alaikumWr. Wb. Selamat datang di website resmi Pengadilan Agama Mojokerto. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama
SELAMAT DATANG

11 APLIKASI INOVAS

Peradilan Agama Mojokerto menindaklanjuti secara aktif dan dan telah mensosialisasikan 11 Aplikasi Inovasi Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama
11 APLIKASI INOVAS

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H

Keluarga Besar Pengadilan Agama Mojokerto Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H Mohon Maaf Lahir dan Bathin
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1441 H

Piagam Penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

Piagam Penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)

Anda Memasuki Zona Integritas

Wilayah Bebas Korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani
Anda Memasuki Zona Integritas

PROFIL PA MOJOKERTO

vidio profile pengadilan agama mojokerto
PROFIL PA MOJOKERTO

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

JADWAL SIDANG

jadwal sidangJadwal Sidang Pengadilan Agama Mojokerto memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak berperkara.

INFO PERKARA

SIPPMelalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

GUGATAN MANDIRI

MANDIRIAlikasi gugatan madiri ini bisa digunakan oleh para pihak dalam pembuatan gugatan secara mandiri.

 LAYANAN VIA WA

waMempermudah pelayanan Via WA, anda tidak perlu datang ke Pengadilan untuk bertanya tentang seputar perkara (WA Only) tidak bisa melayani panggilan wa.

SIMADU

simadu 2Sistem Informasi Terpadu, untuk para pihak, KUA, Kemenag dan Dispenduk memperoleh informasi terkait dengan perkara, cek keabsahan Akta Cerai dan Laporan KUA.

HITUNG PANJAR

biaya perk, Taksiran Panjar Biaya Perkara,  di pengadilan agama mojokerto yang dapat dilihat Secara Online.

1. Pendahuluan
Pengadilan agama merupakan salah satu penyelenggara kekuasaan kehakiman atau menyelenggarakan fungsi yudikatif yang produknya berupa putusan atau penetapan. Namun, masih ditemukan isu hukum kewenangan pengadilan agama menyelenggarakan pencatatan perceraian dengan kewenangan menerbitkan akta perceraian berdasarkan Pasal 84 ayat (4) UU No. 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama sebagaimana diubah dengan UU No. 3 Tahun 2006 dan perubahan kedua dengan UU No. 50 Tahun 2009 (UU Peradilan Agama) yang menegaskan bahwa kewenangan tersebut adalah kewenangan panitera pengadilan agama (yudikatif). Sisi lain, UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana diubah dengan UU No. 24 Tahun 2013 (UU Adminduk) mengatur bahwa kewenangan pencatatan perceraian merupakan ranah kewenangan pemerintah (eksekutif).
Pencatatan perceraian adalah pencatatan peristiwa perceraian pada register akta perceraian dan penerbitan akta perceraian.3 Kewenangan pencatatan perceraian adalah kewenangan untuk melakukan tindakan hukum meliputi mencatat peristiwa perceraian pada register akta perceraian dan menerbitkan akta perceraian untuk diberikan kepada para pihak. Dalam Pasal 84 ayat (4) UU Peradilan Agama ditemukan fakta normatif sebagai berikut:
“Panitera berkewajiban memberikan akta cerai sebagai surat bukti cerai kepada para pihak selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari terhitung setelah putusan yang memperoleh kekuatan hukum tetap tersebut diberitahukan kepada para pihak.”
Norma hukum dalam UU Adminduk antara lain dalam Pasal 1 angka 23, Pasal 8, dan Pasal 40 mengatur bahwa kewenangan pencatatan perceraian merupakan ranah kewenangan pemerintah atau eksekutif. UU tersebut tidak mencabut ketentuan Pasal 84 ayat (4) UU Peradilan Agama sehingga norma tersebut masih berlaku. Sebaliknya, norma dalam UU Adminduk tidak berfungsi karena kewenangan pencatatan perceraian dilakukan oleh panitera pengadilan agama hingga kini.

 

Selengkapnya dapat di lihat disini :

Artikel Dualisme Kewenangan Pencatatan Perceraian oleh Dr. Musthofa Sy., S.H., M.H.

PENGUMUMAN

  • Pengumuman Pencegahan Penyebaran Covid19
  • PENGUMUMAN HASIL PENGADAAN LANGSUNG (POSBAKUM)
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) MAHKAMAH AGUNG RI TA 2019

 

pengumuman

Berdasarkan Berita Acara Hasil Pengadaan Langsung Nomor : W13-A15/07/Posbakum/PA-Mjk/1/2020 tanggal 3 Januari 2020 dengan ini disampaikan berkas administrasi proses pengadaan langsung untuk Jasa Konsultasi Lembaga Pemberi Layanan Bantuan Hukum (POSBAKUM) pada Pengadilan Agama Mojokerto Tahun Anggaran 2020 yang telah selesai dilaksanakan dengan menetapkan hasil pengadaan langsung sebagai berikut terlampir:

pengumuman

 

Jakarta-Humas, Kamis, 12 Desember 2019. Berdasarkan Pengumuman dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Selaku Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2019 Nomor : 3/Pansel-CPNS/MA/12/2019. Tertanggal 12 Desember 2019. Tentang Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2019. (ds/rs)


Untuk lebih jelasnya kami sampaikan Surat Pengumumannya sebagai berikut :



 Dokumen

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Mojokerto

Jl. Raya Prajurit Kulon No.17, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61326

Telp: 0321-321097

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

 

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Mojokerto@2018