logo

on . Hits: 54

LAUNCHING APLIKASI DAN PENANDATANGANAN MEMORANDUM OF UNDERSTANDING (MoU) ANTARA

PENGADILAN AGAMA MOJOKERTO DENGAN

KEMENAG KAB. MOJOKERTO DAN DISPENDUK KAB. MOJOKERTO

 IMG 8116

Jumát, 19 Juni 2020 Pukul 13.00 Wib bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Mojokerto berlangsung acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengadilan Agama Mojokerto dengan Kemenag Kabupaten Mojokerto dan Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto sekaligus launching aplikasi SIMADU dan aplikasi SIGAP.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Mojokerto (Drs. Asrofi, S.H., M.H) beserta seluruh jajarannya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mojokerto (Drs. Bambang Wahyuadi, M.H), Kasi Bimas Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto (Drs. Abd. Aziz, M.Pd.I), dan segenap tamu undangan yang terkait.

IMG 8118

Adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara PA Mojokerto dengan Dispenduk Kabupaten Mojokerto bertujuan untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan para pencari keadilan khususnya untuk perkara perceraian yang selanjutnya akan memberikan kemudahan dalam perubahan status identitas kependudukan dalam Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL).

Sementara MoU antara PA Mojokerto dengan Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto yaitu berupa penyediaan informasi perceraian yang terjadi di PA Mojokerto dan rekap salinan putusan secara cepat real time agar nantinya informasi tersebut dapat diakses dan dimanfaatkan oleh rekan-rekan di Kantor Urusan Agama di Kabupaten Mojokerto untuk verifikasi data bagi para janda atau duda yang ingin melakukan pernikahan lagi.

Inovasi Pengadilan Agama Mojokerto yang di-launching kali ini adalah inovasi berupa aplikasi online yaitu aplikasi SIGAP (Sistem Integrasi Pengadilan Agama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Aplikasi ini dapat diakses bersama dengan penginputan data oleh PA Mojokerto sedangkan rekan-rekan dari Dispenduk Kabupaten Mojokerto serta para pencari keadilan akan mendapatkan informasi dalam proses pelayanan perubahan status identitas kependudukan para pencari keadilan dalam penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP-EL) para pencari keadilan setelah tejadinya perceraian;

Sedangkan aplikasi Simadu (Sistem Informasi Terpadu) merupakan aplikasi online yang dapat diakses oleh Kementrian Agama Kabupaten Mojokerto dan KUA tingkat kecamatan sewilayah Kabupaten Mojokerto sebagai aplikasi untuk medapatkan informasi keabsahan Akta Cerai, tanggal putusan perkara, rekap perkara yang telah terbit Akta Cerai serta melihat salinan putusan perceraian yang terjadi di Pengadilan Agama Mojokerto.

 IMG 8109

Sebagaimana telah diketahui bahwa sebelum penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan 2 lembaga tersebut di atas, Pengadilan Agama Mojokerto juga telah melakukan kerjasama dengan lembaga yang lain sebagai salah satu perwujudan Visi dan Misi Pengadilan Agama Mojokerto yaitu memberikan pelayanan prima (Excellent service) kepada masyarakat khususnya pencari keadilan. Tim IT

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Mojokerto

Jl. Raya Prajurit Kulon No.17, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61326

Telp: 0321-321097

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

fb youtube

 

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Mojokerto@2018