logo

Written by Super User on . Hits: 46

SYARAT ADMINISTRASI SEBAGAI SOLUSI DALAM PERHITUNGAN MASA IDDAH PEREMPUAN BAGI LAKI-LAKI

Oleh : Syamsul Bahri, S.H.I[1]

A. Latar Belakang

Telah ada beberapa tulisan tentang perhitungan masa iddah seorang janda atupun duda dalam hal pemenuhan hak masing-masing mantan pasangan setelah mereka bercerai dan akan menikah lagi dengan pasangan yang baru. Berbagai solusi telah ditawarkan menyikapi hal tersebut. Katakanlah misalnya pada sebuah artikel yang ditulis oleh H. Fitriyadi, S.H.I.,S.H.,MH., Pemberlakuan Shibhul Iddah Bagi Laki-Laki Yang Bercerai Di Pengadilan Agama pada kolom Artikel Badan Peradilan Agama[2]. Yang pada kesimpulan merujuk dari pendapat beberapa ulama menginginkan pemberlakuan masa iddah bagi laki-laki yang salah satu pertimbangannya ditinjau dari aspek maslahah.

Kemudian penulis mencoba melakukan sharing pendapat kebeberapa Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) terkait masa iddah bagi laki-laki (cerai talak) dan seputar syarat administrasi dalam Pencatatan Perkawinan. Dari hasil diskusi ditemuka ketidak seragaman pendapat menyikapi hal tersebut. Ada yang berpendapat bila telah terpenuhi syarat administrasi yang salah satunya Akta Cerai maka pekawinan bisa dilanjutkan. Ada juga yang berpendapat harus dihitung dulu kapan terjadinya perceraian tersebut (cerai talak) terkait selesainya masa iddah istri. Bahkan ada yang berpendapat, semua tetap bisa jalan selama syarat administrasi terpenuhi (akta cerai) dan bila telah terjadi pernikahan kedua kemudian mempelai pria rujuk lagi dengan mantan istrinya yang dalam masa iddah maka bisa diajukan pembatalan perkawinan. Nah itu beragam pendapat yang penulis temukan dilapangan.

[1] Hakim pada Pengadilan Agama Soe

[2] https://badilag.mahkamahagung.go.id/artikel/publikasi/artikel/ pemberlakuan-shibhul-iddah-bagi-laki-laki-yang-bercerai-di-pengadilan-agama-oleh-h-fitriyadi-s-h-i-s-h-m-h-20-5

Selengkapnya KLIK DISINI

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Mojokerto

Jl. Raya Prajurit Kulon No.17, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61326

Telp: 0321-321097

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

fb youtube

 

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Mojokerto@2018